Majalah Asia - Berita Terkini Dan Terupdate

BERITA TERKINI | BERITA VIRAL | TIPS | PERMAINAN ONLINE

Rabu, 22 November 2017

Gunung Agung Meletus, Warga Sekitar Diimbau Kenakan Masker

Gunung Agung meletus pada Selasa (21/11/2017) pukul 17.05 Wita. Tampak asap kelabu dan abu tipis bertiup ke arah timur dan tenggara dari puncak kawah.


NASIONAL, AGEN SAKONG ONLINE -  Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi  Kasbani mengimbau masyarakat sekitar Gunung Agung melalui siaran pers agar menggunakan masker.

Imbauan ini menyusul meletusnya Gunung Agung pada Selasa (21/11/2017) pukul 17.05 Wita. Menurut Kasbani, terjadinya letusan membuat potensi terjadinya hujan abu vulkanik sangat tinggi.

"Jika erupsi terjadi, potensi bahaya lain yang dapat terjadi adalah hujan abu lebat yang melanda seluruh zona perkiraan bahaya," kata Kasbani. Bahkan, dampaknya dapat meluas ke luar zona bahaya dan bergantung pada arah dan kecepatan angin.

Saat ini, angin bertiup dominan ke arah selatan-tenggara. Oleh karena itu, diharapkan hal ini dapat diantisipasi sejak dini, terutama dalam menentukan lokasi pengungsian. Abu vulkanik dapat mengakibatkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada manusia.

Diharapkan semua warga, terutama yang bermukim di sekitar Gunung Agung dan di Pulau Bali, segera menyiapkan masker.

"Masyarakat diharapkan menyiapkan penutup hidung dan mulut maupun pelindung mata sebagai upaya antisipasi potensi bahaya abu vulkanik," ujar Kasbani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar